TRAINING PRACTICAL MARKETING RESEARCH: FROM PLANNING TO EXECUTION

TRAINING RISET PEMASARAN

TRAINING PERENCANAAN PEMASARAN

pelatihan Practical Marketing Research: From Planning to Execution di jakarta

Latar belakang

Salah satu hal penting yang harus dilakukan dalam mengambil keputusan serta menjalankan strategi pemasaran adalah dengan mengetahui kondisi pasar. Tanpa mengetahui kebutuhan pasar dengan tepat, strategi yang dijalankan akan menjadi lemah dan bahkan mengalami kegagalan.

Oleh sebab itu SDM di bidang marketing perlu memiliki kemampuan dalam menjalankan riset pemasaran yang benar dan akurat. Dengan demikian hasilnya memiliki kualitas yang tinggi dalam pengambilan keputusan.

Practical Marketing Research Workshop adalah pelatihan bagi para eksekutif di bidang pemasaran yang ingin memiliki keahlian di bidang strategi riset pemasaran. Pelatihan ini menciptakan keahlian dalam dunia riset pemasaran seperti mendesain riset, membuat kuesioner dan menganalisa data untuk pengambilan keputusan. Pelatihan dilakukan secara intensif dan berbasiskan aplikasi langsung. Dengan demikian setelah melalui pelatihan ini, para peserta memiliki keahlian yang bisa langsung diaplikasikan pada lingkungan bisnisnya masing-masing.

Materi Pembahasan:

1. Marketing Research and The Role for Marketing Decision
* Sasaran Membuat peserta dapat memahami dengan baik apa itu riset pemasaran dan bagaimana riset pemasaran dapat mengambil peran penting dalam pengambilan keputusan pemasaran.

2. Marketing Research Process
* Sasaran Membuat peserta dapat memahami tahap-tahapan yang harus dilalui ketika seorang pemasar ingin melakukan sebuah riset pemasaran. Mana tahap-tahap yang kritikal agar riset yang dilakukan bisa memiliki validitas dan reliabilitas yang diharapkan.

3. Marketing Research Design
* Sasaran: Membuat peserta memiliki keahlian dalam mendesain sebuah riset: mulai dari pengambilan sampel, pemilihan metode dan perangkat riset, jenis-jenis riset yang tepat, field design, dll.
* Project: Proposal riset

4. Questionnaire Design
* Sasaran: Membuat peserta memiliki keahlian dalam mendesain kuesioner riset yang benar. Banyak pemasar tidak memahami cara mendesain kuesioner yang tepat, akibatnya banyak pertanyaan yang membingungkan responden, tidak dapat dianalisa atau bahkan tidak memberikan arti apa-apa dalam pengambilan keputusan.
* Project: Mendesain kuesioner

5. Data Analysis
* Sasaran: Membuat peserta memiliki keahlian dalam membaca data riset dan mengambil kesimpulan dari hasil data tersebut bagi pengembangan strategi pemasaran.
* Project: Menganalisa data

6. Practical Overview
* Obyektif: Membuat peserta memiliki keahlian merencanakan riset praktis yang umum dilakukan di dunia pemasaran: Research for product development, Research for marketing communication, Research for Satisfaction, Research ethnography, dan Customised research (sesuai kebutuhan peserta)

Fasilitator:
PJ. Rahmat Susanta

Rahmat Susanta adalah konsultan, penulis sekaligus trainer di dunia marketing. Selain menjabat sebagai Pemimpin Redaksi Majalah Marketing, Rahmat juga menjadi konsultan biro riset Service Leadership. Pengalamannya di dunia riset pemasaran mulai terbentuk sejak tahun 1996, ketika masuk di MarkPlus, kemudian selama lebih dari tujuh tahun di Frontier Consulting Group dan akhirnya mengembangkan konsultasi marketing research. Selama 10 tahun berkiprah di dunia riset pemasaran ini Rahmat sudah banyak terlibat di dunia konsultasi dan riset pemasaran untuk berbagai perusahaan besar di Indonesia. Tidak hanya itu, Rahmat juga menjadi pengajar mata kuliah Marketing Research di  sekolah MM Binus Business School. Kombinasi antara pengalaman Praktis di dunia riset pemasaran serta akademis inilah yang akan membuat workshop ini menjadi lebih sistematis dan mudah untuk diaplikasikan .

Lokasi, Biaya, dan Waktu pelatihan :

Yogyakarta, Hotel Dafam Seturan

Jakarta, Hotel Amaris La Codefin Kemang

Bandung, Hotel Grand Serela Setiabudhi

Bali, Hotel Ibis Kuta

Lombok, Hotel Jayakarta

Catatan : Waktu pelatihan Dua+1* hari dengan Biaya tersedia untuk Perorangan, Group, dan Inhouse Training, belum termasuk akomodasi/penginapan.

Investasi training :

Investasi pelatihan selama dua hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta (on call). *Please feel free to contact us.

Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.

Fasilitas training :

Free Penjemputan dari bandara ke hotel*.

Modul / Handout.

Flashdisk*.

Certificate of attendance.

FREE Bag or bagpacker.

Training Kit (Photo Documentation, Blocknote, ATK, etc).

2x Coffe Break & 1 Lunch.

Souvenir .

(Untuk informasi lebih lanjut harap menghubungi marketing kembali di 0812-9679-4263 an. Aryo Nugroho)

Leave a Comment